Headlines News :
...
Home » , » BERAKAR KUAT dan SEHAT

BERAKAR KUAT dan SEHAT

Written By Unknown on Senin, 16 Maret 2015 | 17.26

Pohon yang di kedalaman tanah  memiliki akar yang sehat dan kuat, di atas permukaaan tanah pohon itu pasti tampak tumbuh kokoh, sehat, dan kuat pula. Akar yang sehat memungkinkan pohon menyerap unsur hara yang tersedia di dalam tanah dan dibutuhkannya sebagai sumber nutrisi untuk tumbuh dan berkembang optimal. Akar yang sehat berperanan penting bagi pohon agar tumbuh  produktif, bermanfaat bagi manusia dan lingkungan sekitarnya.

Sekalipun tidak dapat disamakan dengan pohon, karena kita manusia dianugerahi akal budi dan banyak keistimewaan lain, namun kita dapat belajar dari hidup sebatang pohon yang berakar sehat dan kuat.
Pertanyaannya, hidup berakar di dalam apa? Jawabannya adalah hidup berakar kuat dan sehat di dalam relasi dengan Tuhan Allah kita.

Pertanyaan kedua, bagaimana mewujudkannya? Apakah dengan memiliki pengetahuan luas dan dalam tentang kerohanian? Apakah dengan rajin berdoa & beribadah? Rajin pelayanan?
Relasi selalu menyangkut hubungan langsung melalui hati dan bukan lewat pengetahuan intelektual. Relasi yang erat, intim, dan hangat dengan Tuhan tidak diukur oleh banyaknya pengetahuan rohani dan teologi yang kita miliki, melainkan oleh keterhubungan hati denganNya. Semakin erat hati kita terhubung padaNya, semakin erat pula relasi kita denganNya.

Relasi kita dengan Tuhan tidak pula diukur berdasarkan frekuensi kita pergi ke tempat ibadah, atau dari seberapa sering kita berdoa, melainkan dari keterarahan seluruh hati dan diri kita kepada Tuhan, baik dalam doa maupun dalam hidup sehari-hari.

Sering kali kita datang kepada Tuhan hanya pada saat kita menginginkan pertolonganNya karena sedang mengalami kesulitan. Doa bukanlah ban serep yang kita keluarkan ketika mengalami kesulitan tetapi merupakan kemudi yang mengarahkan kita ke jalan yang benar di sepanjang kehidupan kita. Relasi dengan Tuhan tidak dapat dimaknai hanya pada permohonan atau permintaan saja melainkan berbagi kehidupan.

Karya-karya Yesus mengalir dari kesatuan hatiNya dengan Allah dan Ia berbagi kehidupan dengan kita. Kalau kita hidup dalam kesatuan hati denganNya dan dalam komunitas bersama orang lain, maka kita tidak bisa lain kecuali melayani. Pelayanan bukanlah sesuatu yang baru akan kita kerjakan kemudian. Pelayanan adalah limpahan dari kasih kita kepada Allah dan sesama. Relasi dengan Tuhan terutama adalah relasi dalam kasih.

Maka, orang yang berakar kuat dan sehat dalam relasinya dengan Tuhan akan menampakkan senyum dan damai sejahtera dikesehariannya sebagai buah dari pelayanannya, tanda bahwa ia berbagi kehidupan. Ia tahan menghadapi kuatnya angin dan badai hidup karena sehat dan kuat dalam iman, pengharapan, dan kasihnya akan Tuhan. Pendek kata, ia akan menjadi manusia yang tumbuh optimal dan produktif tidak hanya bagi diri sendiri, namun juga bagi semesta dan sesama. (mulla)
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. photo dan kehidupan - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template